Susun strategi

Monday, July 14, 2008

Ini crita persiapan trakir ama pembimbing tersayang


Jumat tanggal 11, ketemuan ama pembimbing 2. Karna beliau pembimbing program, jadi kebanyakan yang aku tanyakan ya sputar program ajah. Slide ditunjukkan juga, tambahan ngga gitu banyak… Back to program, kurangnya masi ada. Yang paling kliatan tu masalah robotic email (ini aku sndr yang namain yah…), yaitu email yang dikirimkan pada member/admin oleh smacam ‘robot’. Hhhmm, lumayan tricky nih. Lha wong bolak balik cek masalah plugin, lib, smua udah oke. Swift mailer juga ga ada masalah. Diilangin tls-nya malah jadi error. Eh begitu dicek ama pembimbing 2 tersayang, rasanya smua begitu sepele. U know what?? Masalah error hanya pada xxx@gmail.com, yang mana @gmail.com nya ngga aku cantumin. Paraaaahhhh!!!!
Eh ya, tapi sayangnya nantinya ngga akan bisa dicobain di sidang. Soalnya jaringan internet di kampus dihalangin ama proxy. Setting proxy-nya juga mayan ribet, padahal kalo di coba di rumah kan berhasil2 ajah. Solusi alternatif web diupload. “Lah pak, nanti kalo ada perubahan di rumah yang blom aku tunjukkan sama bapak, gimana??”, ini yang aku tanyain pas keluar solusi itu… Yawes, akhirnya aku dikasih installer email server. Ini buat setting server email untuk local ajah. Jadi begitu email server jalan, robotic email pun juga bisa run. Yes, it’s done!

Senin 14 jam 14.00, meet up ama pembimbing 1. Beliau adalah pembimbing masalah sistem… Lucu deh bapak yang ini, padahal orangnya cukup disegani. Masak begitu aku masuk, aku langsung ditanya… “kamu mau konsultasi buku?” lohhh, padahal buku udah dikumpulin sebulan yll. Ceritanya ada disini. Lol…
Slide aku tunjukkan, komentar pertama yang keluar “kamu bikin slide sampai 59 halaman? Mau brapa jam kamu cerita? Asumsi satu halaman 2 menit, bakalan 2 jam di ruangan… yakinn??? Kuattt???”. Hiahhh, kan justru itu aku pengen bimbingan, nanti kan bisa di-delete yang ga perlu2 itu. Konsultasi slide aku skip lahh, ngga gitu istimewa.
Next, bapak yang terkenal teliti dan perfeksionis itu nguji kemampuan ber-symfony-ku *aihhh, kayak mampu ajah!*. maksudnya, nguji biar bapaknya tau dan yakin kalo aku bikin program dengan tanganku sendiri. Awalnya dikasi soal cerita, untungnya aku paham dan ngrasa pernah ngerjain. Trus aku ditantang, bisa ngerjain sampe brapa menit. Dikasi 2 pilihan, 10 atau 15 menit. Hmmmm, ga mau ambil resiko aku ambil estimasi waktu paling lama, 15 menit. Eh, bapaknya nawar suruh 10 menit ajah karna dibilang terlalu lama. Okelah aku coba…

3 menit berlalu…
8 menit…



... sampe 25 menit kemudian, aku berteriak kecil “ahhhh…”. Aku memang gampang panik. Sedikit ditekan, aku pasti susah buat mikir. Dan teriakan kecil tadi adalah pertanda, bahwa aku menyadari kesalahan penulisan di program testing yang aku bikin…
Seharusnya
$produk=$this->getRequestParameter('produk');
Tapi aku nulisnya
$produk=$this->getRequestParameter($produk);
Mana bisa jalaaaaannnn. Pantes error muluuukkkkkkkk!!!!!!!!!!
Dan pada menit ke-30, program testing selesei. Aku tunjukkan, dan emang bener itu yang dimaksud…

Soal ditambah, dan kali ini aku nggak begitu ngalamin kesulitan. Konsultasi selesai, saran terakhir yang aku ingat “kamu bisa ngerjainnya, tapi masih terlalu lama”…. Doooh, ini baru bimbingan knapa aku bisa panik kayak gini. Gimana lusa besok? *nightmare*

Eh ada yang lucu (tapi kasian si benernya)… AGAINNN, ada mobil nyemplung di kali depan kampus! Potonya ngga ada yah, udah keburu kasian soalnya…. Hehe.

Enough for today, aku mau siapkan strategi selanjutnya. Skali lagi aku mohon, wish me luck yah!!!

0 comment(s):