Karanganyar kemarin

Sunday, December 07, 2008

Liburan sesaat di karanganyar membawa kesan mendalam buatku. Menyenangkan sih, sekaligus juga menegangkan...

Sampe solo, jumat malem jam setengah delapan, dijemput mba irma dan kluarga. Begitu ketemu ajah, mba irma langsung keluarin kata² "Huaduhhh, adek ayuku nihhh, wes arep dadi nganten". Gleggg, ini apa yaaa....

Aku memilih menunda perdebatan untuk sementara. Lagian juga udah laper, belom sempet ketemu nasi buat buka puasa. Menu malem ini, kepiting goreng, tamie cap jay, udang asam manis, dan kulit goreng. Tenang... Aku cukup menahan untuk tidak sampai piring kedua kok, terlalu penuh untuk perutku yang seharian uda jalanin puasa.

Mampir ke rumah aik, ketemu mba iin ama mas bobi. Waaa, perut mba iin tambah maju ajah, pipinya juga udah keliatan gembil. Rupanya udah 7 bulan aja usia janin dalam kandungannya. Hmmm, rasanya baru kmaren hamilnya. Aik udah tidur, sebel ah ga bisa godain, pules ajaaa.... Pas mau pulang, mba irma kembali beraksi, mulai sebar² undangan t.j (baca : tidak jelas). Gini katanya, "nanti dateng ya, ning jogja, kalo nggak 27 ya 28, acara lamarane dik lala karo syukuran sunatannya adam". Wakkksss, dan aku hanya bisa tersenyum pahit.

Sampe rumahnya mba irma jam sembilan kurang... Tanpa ba bi bu, mba irma langsung ajah takajak masuk kamar, dan langsung tak-interograsi knapa pake sebar² undangan tanpa konfirmasi ke aku dulu. Lah mba irma malah ngga ngerti apa yang aku maksud, mba irma bilang hanya meneruskan amanat yang disampaikan ayah untuk segera menyebarkan undangan....

Jelaslah aku kaget, ayah ngga bilang apa² ke aku. Dan aku pun juga belum bilang apa² ke Dhandi, apalagi keluarganya. Gelagepaaannn, itu udah pasti. Apalagi, sebenarnya masih ada beberapa pertanyaan krusial yang aku belum tanyakan ke ayah perihal Dhandi dan keluarganya....

Langsung ajah pertanyaan dan beberapa keluhan aku sampaikan ke mba irma, dengan harapan akan ada jalan keluar yang sama² mengenakkan kedua belah pihak.

Sabtu paginya, mba irma menyampaikan apa yang menjadi pesanku ke ayah mama. Pengen tahu jawaban mereka, gini "Ayah mama ngga mementingkan apapun, aku cuman mau anakku dibawa. Perihal lainnya, anakku masih bisa minta ke aku, aku juga masih bisa nyanggupi kok. Aku ngga milih besan kaya, ngga penting punya kedudukan atau ngga... Wes, ngga ada yang dipikirin lagi kan....".

Sayang, Dhandi sibuk seharian. Aku pun kebingungan setengah mati untuk merangkai kata² agar dia dan keluarga tidak tersinggung.

Sorenya, aku dan mba irma sekeluarga keluar buat hunting resto yang bisa di-booking buat acara syukuran sunatannya adam, anak mba irma dan mas ari. Kita juga janjian ama kakak kandung tercintah yang datang dr jogja, mas hanung dan istrinya mba susan. Dan bener ajah, pas ketemu, bukannya salaman dulu atau apa, mereka udah nyeletuk ajah "Dudududuuu, roman²nya emang uda beneran mau jadi pengantin, berseri² terus". Gubragggg....

Smakin pusing ajah, sementara Dhandi masih berkutat ama kerjaannya dan aku belum menyampaikan apapun, rencana yang udah berjalan terlalu jauh ini.

Malam mengganti sore, Dhandi udah sampai di rumah dan menelponku. Setelah berusaha seharian merangkai kata², aku menyampaikan kebimbanganku. Seperti yang sudah kuduga sebelumnya, dia terkaget², dia pun tidak siap apapun. Kemudian kusuruh dia istirahat, dan membicarakan masalah ini dengan keluarganya besok ketika aku jalanin tes. Jawaban aku tunggu siangnya, agar aku pun bisa rapatin juga dengan kakak²ku tercinta.

Besok paginya, aku menguatkan diri untuk tidak menanyakan apapun masalah smalam pada Dhandi, aku hanya mengingatkan bahwa jawaban benar² aku tunggu siang nanti.

Aku jalanin test kali ini dengan lumayan tenang... Kalo boleh jujur, mungkin aku bisa lebih tenang lagi kalau tidak dipusingkan dengan rencana yang tidak jelas kapan dibikinnya.... Oh, help meee....

Tidak ada yang terlalu istimewa selama test berlangsung. Selesai jam 12, dijemput mas ari, lalu balik ke rumah.

Aku sholat sebentar... Setelah itu, aku SMS Dhandi, menanyakan jawaban smalem. Rupanya dia dan keluarga menyanggupi. Untuk kepastian tanggal, sementara aku sensor dulu, mengingat banyak keluarga besar yang belum kami hubungi.

Konfirmasi sudah dilakukan... Dan rencana lamaran jelas sudah dibikin, udah amat sangat matang bahkan. Keluarga Dhandi yang datang awalnya direncanakan datang 5 orang, kemudian nambah jadi 10, dan terakhir membengkak jadi 21 orang... Hayokk Dhan, masih boleh nambah lagi kok....

Sorry, masih belom bisa cerita banyak. Masih terkaget² nih. Sreus.... :((

2 comment(s):

Anonymous said...

Edyaaannnnn.......gini ya rasanya mau nikah.... Deg-degan, tapi yang berharap, sedikit rasa tidak yakin, tapi kepingin, resah tak terbendung, rasanya sesak tapi menikmati, pusing banget, tapi seneng. Lebih indah ketika diterima kerja, lebih seneng ketimbang ditembak ma pujaan hati. sRasanya dingin ga dingin, panas ga panas, Asem ga asem, manis ga manis, kecut ga kecut. Ooooo ini pertanda "Tai kucing berasa coklat" ya.... :D
Apalagi yang sedang dirasakan ini berhubungan 2 keluarga yang sangat-sangat besar. Ini ya yang namanya indahnya cinta? Banyak yang bilang kan terasa indah pada saatnya :D Kira-kira kapan ya waktuku. Aku berharap terus menjadi misteri aja sampai giliranku tiba :D
Buat Lala, aku ikut seneng lho... Secara ga langsung aku ikut merasakan gimana indahnya jatuh cinta, indahnya dicintai.. Berharap indah selamanya... :) Buat Dhandi, Sukses terus bro... :D

indiradewi said...

dhani lebay...... hahahaaa.
ayo dhan, buruan nyusul ;)